20 March 2015

Transposition Columnar Cipher

Sebelum komputer ada, kriptografi dilakukan dengan menggunakan kertas dan pensil. Algoritma kriptografi (cipher) yang digunakan saat itu, dinamakan juga algoritma klasik. Pada dasarnya, algoritma kriptografi klasik dapat dikelompokkan ke dalam dua macam cipher, yaitu:

  1. Cipher substitusi (substitution cipher). Di dalam cipher substitusi setiap unit plainteks diganti dengan satu unit cipherteks. Satu “unit” di isini berarti satu huruf, pasanga huruf, atau dikelompokkan lebih dari dua huruf. Algoritma substitusi tertua yang diketahui adalah Caesar cipher yang digunakan oleh kaisar Romawi , Julius Caesar (sehingga dinamakan juga casear cipher), untuk mengirimakan pesan yang dikirimkan kepada gubernurnya.
  2. Cipher transposisi (transposition cipher). Cipher transposisi, huruf-huruf di dalam plainteks tetap saja, hanya saja urutannya diubah. Dengan kata lain algoritma ini melakukan transpose terhadap rangkaian karakter di dalam teks. Nama lain untuk metode ini adalah permutasi atau pengacakan (scrambling) karena transpose setiap karakter di dalam teks sama dengan mempermutasikan karakter-karkater tersebut. (Munir.2006)
Kali ini kita akan membahas salah satu algoritma klasik, yaitu Transposition Columnar Cipher. Algoritma ini termasuk ke dalam kelompok cipher transposisi karena pesan tidak diubah keseluruhan, hanya mengacaknya dengan urutan tertentu. Inti dari sandi ini adalah membentuk isinya menjadi sebuah persegi, kemudian merubah urutan kolomnya. Keywordnya ditentukan dengan merubah urutan kolomnya. Keywordnya ditentukan dengan letaknya disusunan alfabet (A=1, B=2, C=3, D=4, dst).
Contoh:

Keyword  : Halo

Message  : Senang berkenalan denganmu

Dari keyword HALO, kita ubah dalam bentuk angka, menjadi 8 1 12 15. Kemudian ubah susunan messagenya menjadi persegi.



  H     A     L     O

  8     1     12    15

  S     E     N     A

  N     G     B     E

  R     K     E     N 

  A     L      A     N 
  D     E     N     G
  A     N     M     U

Kemudian, urutkan keywordnya dari terkecil. Kolom-kolom yang ada dibawahnya di sesuaikan.



  A     H     L     O

  1     8      12    16

  E     S      N     A

  G     N     B     E

  K     R     E     N

  L     A     A     N
  E     D     N     G
  N     A    M     U

Cara membacanya diurutkan dari kolom paling kiri dari atas hingga ke bawah. Sehingga hasilnya adalah



Keyword  : Halo


Message  : Senang berkenalan denganmu


Chiper      : EGKLEN SNRADA NBEANM AENNGU

No comments:

Post a Comment

 
Powered by Aishi♥