20 April 2015

Otak Kanan, Kiri atau Keduanya?


     Otak kita dibagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan kiri. Kedua struktur ini sangat kompleks, akan tetapi teori modern mengatakan bahwa masing-masing bagian ini berperan untuk berbagai macam jenis pemikiran. Sangat sulit untuk memisahkan kedua struktur otak ini, akan tetapi percobaan telah menunjukkan bahwa satu sisi bagian otak memiliki jenis pemikiran tertentu yang lebih bnyak dari pemikiran sisi bagian otak lain. Hal ini juga menunjukkan bahwa masing-masing dari kita lebih menyukai satu mode pemikiran dari pada yang lain.
     Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ). Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Perbedaan dua fungsi otak sebelah kiri dan kanan akan membentuk sifat, karakteristik, dan kemampuan yang berbeda pada seseorang.
     Tes ini dilakukan dengan melihat sebuah gambar berformat gif seorang gadis yang sedang berputar.
     Jika melihat gadis tersebut berputar searah jarum jam maka menggunakan otak kanan. Jika melihat gadis tersebut berlawanan arah jarum jam maka menggunakan otak kiri. Beberapa melihat gadis ini berputar dua arah, tapi kebanyakan orang melihat satu arah. 
     Jika kalian dapat mengganti arah berputar tanpa melihat salah satu arah dan tanpa mengubah pandangan kalian, maka IQ kalian diatas 160 yang hampir setara jenius level.
     Sekarang coba perhatikan gambar ini baik-baik!

     Kalau bisa melihat hanya searah jarum jam: Artinya kamu adalah orang yang menggunakan otak kanan. Orang yang lebih dominan menggunakan otak kanan cenderung berfikir abstrak. Lebih banyak mengandalkan intuisi dan lebih cepat menangkap gambaran keseluruhan situasi. Secara teori otak kanan bertanggung jawab secara acak intuitif, holistik, menyatukan dan pemikiran subjektif. Sehingga kamu lebih cerdas secara visual, komunikasi, dan kreativitas. Pada intinya, orang yang banyak menggunakan otak kanan tidak detail-oriented. Untuk kamu yang dominan dengan otak kanan akan lebih cocok bekerja dibidang yang berkaitan dengan seni dan banyak praktik.
     Kalau bisa melihat hanya berlawanan arah jarum jam: Artinya kamu adalah orang yang menggunakan otak kiri. Orang yang lebih dominan menggunakan otak kiri cenderung berfikir secara teratur dan analitis. Lebih pandai melakukan analisa dan proses pemikiran logis, namun kurang pandai dalam hubungan sosial. Secara teori otak kanan berperan untuk berfikir logika, skuensial, rasional, analitis, dan objektif. Sehingga kamu lebih cerdas dalam menyusun dan penghitungan. Pada intinya, orang yang banyak menggunakan otak kiri adalah detail-oriented. Untuk kamu yang dominan dengan otak kiri akan lebih cocok bekerja dibidang yang berkaitan dengan penghitungan dan lebih menggunakan logika.
     Kalau bisa melihat 2 arah berlawanan: Artinya kamu bisa mengoptimalkan pemakaian kedua otakmu, kanan dan kiri. Maksudnya penggunaan kedua otak kamu seimbang antara kiri dan kanan. Sehingga kamu biasanya bisa menjadi orang yang cerdas sekaligus pandai bergaul dan bersosialisai.

No comments:

Post a Comment

 
Powered by Aishi♥